Image by Kanenori from Pixabay
Ilustrasi sunrise di Magelang – pixabay.com

Tempat Berburu Sunrise di Magelang Anti Bikin Kecewa

0 Shares
0
0
0

Apa yang ada dibenakmu ketika mendengar kata “sunrise”? Terbitnya matahari yang megah dari ufuk timur mulai menyinari bumi yang sebelumnya dihuni kegelapan. Apalagi pikiran kita dipenuhi dengan bayang-bayang gambaran ketika SD, dimana matahari terbit diantara 2 gunung. Meskipun terdengar sedikit tidak nyata, di Magelang kamu masih bisa menemukan dan menikmati sunrise dengan view pegunungan.

Simak, berikut merupakan rekomendasi spot sunrise di Magelang yang nggak bakal bikin kamu kecewa

Mangli Sky View

https://magelangekspres.com/wp-content/uploads/2021/12/Penasaran-dengan-Golden-Sunrise-Datang-Saja-ke-Desa-Mangli-Magelang.jpeg
Keindahan sunrise di Mangli Sky view – magelangekspres.disway.id

Mangli Sky View menjadi rekomendasi pertama spot sunrise di Magelang. Spot yang terletak di Kecamatan Kaliangkrik, Magelang ini baru saja diresmikan dan langsung mengundang antusias masyarakat untuk kesana. Bagi pecinta sunrise maupun sunset, Mangli Sky View memanjakan pengunjungnya dengan menyediakan spot gardu pandang. Selain itu, para traveler juga akan disajikan keindahan alam dengan panorama 3 gunung, yakni Gunung Andong, Gunung Merapi, dan tentunya Gunung Merbabu. Lokasi ini terletak di ketinggian 1.570 mdpl memiliki kondisi udara yang bersih dan segar, sehingga tidak mengherankan banyak masyarakat yang mendamba untuk pergi ke tempat ini.

Selain menyajikan panorama yang indah, Mangli juga menyediakan tempat untuk para wisatawan camping. Maka, untuk dapat menikmati keindahan hingga keesokan harinya, disarankan untuk datang sore hari. Pengunjung akan disajikan dua masa matahari saat indah-indahnya, yakni sunset pada sore harinya lalu bermalam hingga pagi untuk menikmati sunrie. Untuk biaya yang ditarifkan hanya sebesar Rp 5.000,- saja loh. Sedangkan bagi para wisatawan yang ingin bermalam, cukup dikenakan biaya Rp 10.000,-. Adapun fasilitas lain yang disediakan adalah berbagai wahana menarik, toilet, cafe dan warung makan, serta penginapan. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Mangli bukan?

Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo, Menikmati Panorama 5 Gunung Sekaligus di Jawa Tengah - Java Travel
Spot Sunrise di Gunung Telomoyo – javatravel.net

Rekomendasi spot sunrise di Magelang kedua adalah gunung yang memiliki mobilitas bagi kendaraan roda dua dan empat, yakni Gunung Telomoyo. Gunung yang terletak di antara dua  kabupaten—Semarang dan Magelang ini juga menyajikan pemandangan yang tak kalah indah dengan Mangli. Gunung ini menjadi salah satu gunung kecil yang memiliki ketinggian 1894 mdpl. Apabila cuaca sedang bersahabat, gunung ini akan menyajikan berbagai panorama gunung yang menjulang tinggi, diantaranya adalah Merbabu, Andong, Sumbing, dan Sindoro. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan sunrisenya.

Bagi pengunjung yang ingin melihat sunrise, disarankan untuk sampai di lokasi sebelum jam 05.00 WIB, maka artinya disarankan untuk camping disana. Adapun layanan khusus yang disediakan pengelola Telomoyo adalah Jeep Explore. Dengan menunggang mobil jeep, wisatawan akan dibawa untuk menikmati sunrise dan jalanan ekstrem di sekitarnya. Paket sunrise dimulai pada pukul 04.00 wib hingga 07.00 wib. Dengan durasi 4 jam, pengunjung akan dikenai biaya sebesar Rp 750.000,- lengkap dengan tiket masuk, kopi beserta snacknya.

Gunung Telomoyo melayani wisatawan setiap hari pada pukul 06.00-17.00 WIB. Namun, tidak perlu khawatir bagi wisatawan yang ingin memuaskan diri disana, sebab pengelola telah menyediakan arena camping  yang buka selama 24 jam. Adapun untuk tiket bagi wisatawan normal akan dikenai biaya Rp 10.000,- saja. Untuk mengunjungi gunung ini, terdapat sedikit tips bagi pengunjung untuk membawa pakaian yang hangat sebab suhu disana relatif rendah, membawa kamera dengan komposisi serta kualitas yang untuk mengabadikan momen sunset yang memukau. Dan yang terakhir, disarankan untuk berkunjung pada weekday atau bukan musim libur untuk mendapatkan kepuasan wisata ini.

Nepal van Java

https://assets.promediateknologi.com/crop/0x0:0x0/x/photo/2021/10/09/4004396116.jpeg
Matahari terbit di Nepal van Java

Rekomendasi spot sunrise di Magelang yang terakhir adalah Nepal van Java. Digadang-gadang menjadi Nepal versi Jawa, objek wisata Nepal van Java juga bisa menjadi opsi untuk menikmati sunrise. Lokasi Nepal van Java terletak di Dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah. Tempat yang terletak di lereng Gunung Sumbing ini memiliki ketinggian 1600 di atas permukaan laut. Untuk mendapatkan kesempurnaan sunrise, pengunjung disarankan telah bersiap sejak jam 03.30 wib. Pengunjung akan ditemani selimut kabut yang tebal. Perjalanan yang menjadi rekomendasi untuk mendapatkan sunrise adalah Punthuk Nepal. Di Punthuk, pengunjung akan mendapat tiga keindahan dalam satu pandangan, yakni keindahan matahari terbit, pemukiman indah yang berwarna, dan lautan awan yang berada di bawah, sebagaimana negeri di atas awan. Sempurna bukan!?

Untuk berkunjung ke tempat ini, pengunjung dapat memilih hari apa saja, sebab tempat ini selalu terbuka bagi pengunjung. Para pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 8.000,-. Lalu, pengunjung akan dikenakan biaya parkir untuk motor sebesar Rp 3.000,- dan mobil Rp 10.000,-. Adapun bagi pengunjung yang menghendaki ojek, akan disediakan dengan biaya sebesar Rp 10.000,-. Agar dapat mengunjungi tempat ini dengan aman, maka ada beberapa hal-hal yang harus diperhatikan. Pertama, pastikan kendaraan dalam kondisi prima, sebab tempat ini menyajikan jalanan dan tanjakan yang curam. Kedua, untuk mendapatkan sensasi wisata dan kepuasan, maka disarankan untuk berkunjung pada bulan Juli atau Agustus, karena cuaca cerah sehingga dapat menikmati keindahan Gunung Sumbing di atasnya. Ketiga, gunakan pakaian hangat sebab tempat ini memiliki suhu yang cukup dingin.

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *