Candi Borobudur – www.nu.or.id

Cara Unik Menikmati Keindahan Candi Borobudur

0 Shares
0
0
0

Berita mengenai kenaikan tiket masuk Candi Borobudur sudah beredar dimana-mana.  Saat ini harga tiket masuk Candi Borobudur untuk wisatawan yang berusia 10 tahun keatas mencapai Rp 50.000 sedangkan untuk wisatawan yang berusia 3 – 10 tahun mencapai Rp 25.000. Namun, dengan tiket tersebut wisatawan belum bisa naik sampai ke bagian atasnya. Wisatawan harus membayar Rp 750.000 untuk bisa naik ke bagian atas Candi Borobudur. Hal tersebut ditujukan supaya tetap terjaga untuk kelestarian sejarah dan budaya nusantara. Nah, berita ini tentunya menjadi kekecewaan bagi para wisatawan yang belum kesampaian untuk berkunjung ke Borobudur hingga sampai atas dan menikmati secara langsung keindahan Candi Borobudur. Untuk mengobati kekecewaan tersebut, ternyata ada loh tempat wisata di sekitar Candi Borobudur yang menyuguhkan pemandangan indah Borobudur walaupun dari kejauhan dan untuk tiket masuknya juga tidak semahal tiket Borobudur. 

 

Berikut Rekomendasi Tempat Wisata yang Menyuguhkan Pemandangan Indah candi Borobudur dari Kejauhan: 

 

Bukit Rhema Gereja Ayam 

Family Gathering di Bukit Rhema

Lokasi Bukit Rhema hanya berjarak sekitar 3 km dari Candi Borobudur. Bukit Rhema atau yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan Gereja Ayam ini ternyata bukan gereja loh. Kalau kalian berkunjung ke Bukit Rhema kalian juga akan mendapatkan penjelasan sejarah dari guide yang sudah include dari tiketnya. Nah, karena namanya bukit, Bukit Rhema ini berlokasi juga di daerah perbukitan Menoreh. Terletak di ketinggian dan jaraknya yang tidak jauh dari Candi Borobudur mengakibatkan Bukit Rhema ini juga menawarkan pemandangan Candi Borobudur dari kejauhan. Bahkan, tak hanya Candi Borobudur saja, kalian juga bisa melihat pemandangan barisan 4 gunung dari lantai 6 gedung ini. Selain itu, Bukit Rhema ini juga memiliki Kafe dengan View alam yang indah banget, maka tak heran kalau wisatawan menyempatkan berkunjung ke tempat wisata satu ini. 

 

Punthuk Setumbu

Sunrise Punthuk Setembu
Sunrise di Punthuk Setumbu – nativeindonesia.com

Masih berlokasi di perbukitan menoreh juga, Punthuk Setumbu ini menjadi alternatif lain untuk melihat view keindahan dan kemegahan Candi Borobudur dari kejauhan. Untuk melihat pemandangaan tersebut memang kalian harus melalui jalur tracking terlebih dahulu. Namun, jalur trackingnya sudah aman sehingga sudah aman untuk dilalui wisatawan. Berada di sebuah bukit dengan ketinggian 400 mdpl, mengakibatkan tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Terdapat juga berbagai spot selfie yang ada di tempat wisata ini. Waktu yang tepat saat berkunjung ke Punthuk Setumbu ini adalah pada saat sunrise. Tenang, kalau khawatir tidak bisa berangkat pagi, ada banyak loh penginapan di sekitar Punthuk Setumbu ini. 

 

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo – wisataoke.com

Nah, kalau tempat wisata saru ini, dari namanya saja sudah terlihat bukan bahwa berada di puncak ketinggian? Yaps, Puncak Suroloyo ini berada di ketinggian 1.019 mdpl. Puncak ini memang menjadi puncak tertinggi pegunungan Menoreh makan tak heran jika ketinggiannya menca[ai seribu mdpl. Untuk medannya, memang lebih ekstrim dibandingkan dengan Punthuk Setumbu dan juga Gereja Ayam. Namun, rasa lelah ketika berada di perjalanan tersebut hilang saat melihat pemandangan yang berada di Puncak suroloyo ini. Hamparan sawah, pemandangan empat gunung, gunung merapi, merbabu, sindoro, dan juga sumbing terpampang di depan mata kita. Candi Borobudur pun terlihat dari Puncak Suroloyo ini. Meskipun dengan ukuran yang sangat kecil karena berada di ketinggian, candi Borobudur tetap terlihat keindahan dan kemegahannya. 

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like